Senin, 13 Februari 2012

Cara Membuat Dokumen Word Tidak Bisa Diedit (Read Only)




Suatu ketika mungkin kita perlu menyebarkan dokumen Word kita agar dapat dibaca banyak orang, agar nggak bisa diedit lagi oleh pembaca kita bisa menandai dokumen itu sebagai dokumen final, artinya dokumen itu tidak akan mengalami perubahan apa-apa lagi. Berikut adalah cara agar dokumen Word kita tidak bisa diedit lagi sehingga pembaca tidak bisa mengutak-atik dokumen.

Caranya:

1. Buka dokumen Microsoft Word kamu yang akan ditandai sebagai versi final, sebagai informasi cara ini aku coba di Word 2007 sehingga mungkin saja tidak bisa tidak bisa/beda caranya untuk Word versi sebelumnya.

2. Klik icon Microsoft Word di dalam lingkaran (sebelah kiri atas)

3. Pilih menu Prepare lalu klik Mark as Final (kalau belum disimpan maka jendela Save As akan muncul).

Nah, dokumen tersebut sudah menjadi versi final sehingga tidak bisa diedit lagi, untuk membuktikannya coba edit tulisan yang ada di dokumen itu, nggak bisa kan?

Sedangkan apabila mau mengedit dokumen itu lagi, caranya sama, yaitu klik icon Microsoft Word, pilih Prepare lalu klik Mark as Final (ini untuk menghilangkan centang pada Mark as Final), udah bisa diedit lagi


Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. mantap min....Dengan menonaktifkan fungsi copy dan edit dalam MS Word khusus untuk file yang diproteksi, maka kita dapat melindungi ide atau gagasan hasil kerja keras kita. Meskipun orang-orang yang memang berniat tidak baik masih dapat mengcopy informasi dengan cara mengetik ulang secara manual, setidaknya cara ini layak untuk dicoba.

    BalasHapus