Minggu, 25 Maret 2012

Tips Mencari di Google Lebih Mudah



Google emang rajanya mesin pencari, ibarat pertama kali belajar internet pasti diajarinya mencari di Google dulu, hebatnya lagi Google nggak cuman bisa mencari artikel atau gambar saja loh, tapi juga bisa mengetahui cuaca, dsb (baca Rahasia Kotak Pencarian Google).

Sedangkan untuk pencarian artikelnya pun ternyata ada rahasianya juga loh! berikut tips biar kamu lebih mudah menemukan artikel yang kamu cari dengan menambahkan sedikit 'jurus rahasia', hehe.

1. Asterik (*)
Misal kita mau mencari tentang mega bazaar di Jakarta, jika kamu menuliskan "Mega Bazaar *Jakarta" (tanpa tanda petik) maka kamu akan mendapatkan hasil pencarian Mega Bazaar 2011 Jakarta, Mega Bazaar 2012 Jakarta, dll

2. Minus (-)
Apabila kita tidak mau suatu kata termasuk dalam hasil pencarian tinggal tambahkan tanda minus, misalkan "izul keren -kamseupay" (tanpa tanda petik) berarti hasil pencariannya hanya mengandung kata izul keren tanpa ada kata kamseupay

3. Tanda Petik (" ")
Tanda petik digunakan untuk kata yang pasti ada di dalam pencarian, misalkan mencari harga cabai di Solo, tinggal ketikkan: harga cabai di "solo" maka di hasil pencarian pasti ada kata Solo.

4. Site
Mungkin suatu saat kamu hanya ingin melakukan pencarian di satu website saja, kamu tinggal menambahkan kata site:alamat.com di kotak pencarian, misalkan kamu ingin mencari tentang tips menjadi alay di blog ini, ketik saja "tips menjadi alay site:akuizul.blogspot.com" (tanpa tanda petik)

5. Filetype
Suatu saat kita pasti ingin mencari file pdf misalnya, untuk menampilkan hasil yang berupa file pdf saja tambahkan filetype:pdf pada pencarian, misal "teknik menanam rumput di pot filetype:pdf" (tanpa tanda petik) maka hasil pencariannya adalah file pdf yang berisi tulisan teknik menanam rumput di pot. Kamu bisa mengganti jenis file lain seperti ppt, doc, xls, dsb.

6. Define
Sering diberi tugas sekolah mencari pengertian nggak? kalo iya tinggal masukkan define, misalkan "define:candi borobudur" berarti hasilnya adalah pengertian tentang candi borobudur, biasanya sih yang pertama muncul adalah artikel dari wikipedia karena udah jadi acuan standar.

Untuk mencari artikel yang spesifik kamu bisa juga menggunakan fitur Penelusuran lanjutan, saat berada di halaman hasil pencarian Google lihat kanan halaman ada kotak bergambar gerigi, klik gambar itu lalu pilih Penelusuran lanjutan, komplit deh. Selamat mencoba ya!

Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Hehehehehe kalau aku tahunya cuma yang site karena aku kan blogger....? hehehehhe :-D Jadi sering gunakan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih kadang-kadang aja kalo nggak nemu-nemu artikel yang mau dicari, biar pencariannya semakin akurat

      Hapus