Jumat, 08 Juli 2011

Blogger Akan Ubah Tampilan dan Nama (+Screeenshot)




Kabar gembira datang dari Google, dua layanannya yaitu Blogger dan Picasa akan diganti namanya, Picasa yang merupakan penyedia album foto online diganti namanya menjadi Google Photos, sedangkan Blogger diganti menjadi Google Blogs.


Tapi bukan itu saja, Google juga akan mengubah tampilan dashboard Blogger. Benar-benar baru! Kesan pertama sekarang tampilannya mirip dashboard Wordpress. Latar belakang yang biasanya berwarna biru-putih sekarang menjadi putih bersih. Perpindahan antar menu juga sangat cepat. Kelebihan-kelebihan lain? Biarkan gmabar yang berbicara, hehe. (klik pada gambar untuk memperbesar)



dashboard
Tampilan dashboard utama lebih lega dengan ukuran daftar bacaan dari blog yang kamu ikuti menjadi lebih lebar.
dashboard blog
Selain dashboard utama, tiap-tiap blog yang kamu kelola punya dashboard juga. Menu yang sebelumnya di atas dipindah ke samping kiri. Agak mirip Wordpress kan?
tulis posting
Ini salah satu kekurangan tampilan baru Blogger, walaupun kelihatan lebih luas tapi kotak teks untuk menulis posting tidak bisa dilebarkan. Kelebihannya waktu muat (loading) lebih cepat untuk ukuran koneksi lambat.
daftar posting
Daftar posting dan komentar tidak jauh berbeda dengan yang dulu, tapi loading kalau mau edit posting lebih cepat.
komentar


statistik
Statistik juga tidak begitu berubah.
layout/rancangan
Warna coklat yang dulu mendominasi sekarang diganti warna putih. Kita juga bisa mengganti favicon (gambar kecil di samping alamat blog kamu di address bar) dengan klik Edit di Favicon.
template
Halaman template juga mirip sama tampilannya Wordpress. Bedanya kita dapat lebih mengkostumisasi template bawaan yang ada.
setting
Beberapa setting juga ditambahkan, seperti post template (kode yang akan aktif kalau mau menulis posting) dan mobile template (template khusus untuk browser ponsel, lihat contohnya di http://akuizul.blogspot.com/?m=1)


Ditambahkan pula menu Earning (kalau dulu Monetize/Uangkan) yang memungkinkan mendaftar Google Adsense melalui Blogger. Sayangnya Google Adsense tidak memperbolehkan blog berbahasa Indonesia jadi kalau mau dapat uang dari Google Adsense harus menulis dengan bahasa Inggris.


Kamu dapat mencoba tampilan Blogspot baru ini (yang di kemudian hari akan menjadi Google Blogs) di alamat http://draft.blogger.com/home. Selamat mencoba :)

Artikel Terkait:

6 komentar:

  1. tahu cara mengembalikan tampilannya ke tampilan yang lama gak??

    BalasHapus
  2. @143: masuk ke dasbor utama, hilangkan centang pada "Make Blogger in Draft my Default", kemudian masuk ke http://www.blogger.com/home Semoga berhasil :)

    BalasHapus
  3. wkwkkwkwkw pasti yg dasbornya berubah tuh udah panik hihihihi salam agan

    BalasHapus
  4. @Kupluk: loh kok malah panik, kan jadi keren dasbornya, sekarang malah dari Bloggernya sendiri nyaranin untuk ngganti ke dasbor yang baru loh :D

    BalasHapus